Maggot Black Soldier Fly (BSF) , Pakan Alternatif Berprotein Tinggi Untuk Ikan

Diposting oleh Admin


Tanggal Posting 06 June 2020, 02:55


Gambar Heading Artikel Blog - kalkulatorikan.com

Kali ini kalkulator ikan membuat artikel tentang pakan alternatif yang berprotein tinggi untuk ikan, mendengar kata magot pasti kalian merinding mendengarnya tenang saja magot satu ini bersih dan tidak kotor Maggot atau yang dikenal dengan black soldier fly (BSF), maggot adalah serangga pemakan bahan organik sehingga protein dari serangga ini sangat tinggi dan menjadi sumber protein yang baik bagi ikan. Maggot yang merupakan larva lalat dari Black Soldier Fly (BSF) memang sangat istimewa dibandingkan pakan alternatif lainnya karena mengandung nutrien yang sangat lengkap untuk ikan dan kualitas yang baik. Selain itu, Maggot bisa diproduksi dalam waktu singkat dan berkesinambungan dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan.

 

Baca Juga

Bisnis Ikan Lele yang Menjanjikan dan Menguntungkan
Mengapa Ikan Lele Bisa Mati Mendadak, Ternyata ini Penyebabnya!
Tutorial Cara Penggunaan Aplikasi Sistem Pakar Penghitung Pakan Lele Sangkuriang
Mengenal Ikan Lele Nusantara Indonesia
Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Anak

 

Berapa Protein yang Terkandung pada Magot BSF ?

Maggot yang dihasilkan dari Maggot Black Soldier Fly (BSF) akan mengandung protein yang sangat tinggi antara 41-42% protein kasar, 31-35% ekstrak eter, 14-15% abu, 4,18-5,1% kalsium, dan 0,60-0,63% fosfor dalam bentuk kering.

“Sementara itu, kandungan protein dalam pakan ikan umumnya berkisar antara 20 hingga 45 persen. Dengan kata lain, Maggot mengandung protein dan gizi tinggi, yang unggul untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan sistem imun ikan.

Dalam hasil pengujian yang dilakukan oleh tim BBPBAT Sukabumi pada lele yang diberikan pakan maggot BSF menunjukkan penuruan nilai FCR secara signifikan. Dengan menggunakan campuran 50% maggot pada pakan pelet, dari nilai FCR menjadi 1,16 dari yang sebelumnya yakni 1,42. Terlihat adanya selisih FCR sebanyak 0.26. Yang artinya, untuk mencetak 1 kg lele cukup membutuhkan 1,16 kg pakan. Berapa banyak dampak penurun FCR sebensar 0.26 itu.

Salah satu pemudidaya lele di Tangerang membutuhkan 350 kg pelet dalam 2 bulan untuk membesarkan 4.000 bibit ikan lele, dengan nilai FCR sekitar 1,1. Dengan asumsi nilai FCR turun menjadi 0.9 setelah pakan dicampur 50% maggot pakan maka pemudidaya lele tersebut menghemat pakan sebanyak 63kg. Bila jumlah ini dikonversikan ke dalam nilai rupiah, pemudidaya lele tersebut berhasil menghemat pakan sejumlah 640.000⁣ - 700.000.

Terimakasih untuk pengunjung setia kalkulator ikan jika artikel ini bermanfaat kalian bisa membagikan artikel ini sebanyak-banyaknya dan jika ingin membantu kami untuk memajukan kalkulator ikan atau ingin membantu mengembangkan kalkulator ikan ini, kami akan membantu mengwujudkannya membuat aplikasi sistem pakar yang kalian butuhkan jika website ini bermanfaat jangan lupa bantu kami untuk pemeliharaan server dan maintenace server kalian bisa bantu kami dengan cara berdonasi.



Tinggalkan Komentar